Thursday, July 19, 2018

Interior Toyota Alphard dan Vellfire 2015


Walaupun menurut selera kami eksteriornya tidak menarik, lain lagi sekiranya kita berbicara interiornya, secara personal saya betul-betul menyenangi interior Toyota Alphard terbaru yang dihasilkan lebih baik dan modern tentunya. Okey, karena ini ialah mobil Luxury Van yang notabene kita tidak perlu ambil pusing seputar bangku baris pertama, lantas saja kita bahas bangku baris kedua mobil ini.

Masuk ke baris kedua Toyota Alphard dan Vellfire, kita akan disuguhkan iluminasi floor lamp dengan proyeksi tulisan “Alphard” pada Toyota Alphard dan “Vellfire” pada Toyota Vellfire (ya iyalah), tapi karena kondisi ruangan kurang gelap, tulisan ini tidak begitu tampak.

Masuk ke dalam interior Toyota Alphard, tentu saja Toyota menyediakan pegangan tangan untuk Toyota Alphard dan Vellfire, tapi ada improvement cukup menarik disini, karena pegangan tangan di samping pintu dan belakang jok mobil ini sekarang dilapisi dengan kulit yang betul-betul nyaman dikala disentuh. Hal baik lainnya yang memudahkan masuk ke dalam kabin Alphard terbaru ada pada ground clearance-nya yang sekarang lebih rendah 10 milimeter sehingga memudahkan lansia masuk atau keluar dari mobil ini.

Pertama kali kami mencoba duduk di bangku Toyota Vellfire yang memiliki harga sama dengan Toyota Alphard G 2.5, entah mengapa dikala duduk di bangku Alphard terbaru ini saya merasa tidak ubahnya duduk di Toyota Alphard Facelift 2013 yang memiliki fixed hand rest dan head rest yang bisa ditekuk kanan dan kirinya supaya kepala kita tidak jatuh kesamping dikala tidur. Untuk reclining dan ottoman, kita bisa mengaturnya secara elektrik dari hand rest samping, padahal untuk sliding maju mundur indah, kita wajib memakai metode manual seperti halnya mobil lainnya. Perbedaannya diperbandingkan dengan Alphard terdahulu yang sama-sama memiliki fixed hand rest ada pada lebar gang antara bangku kanan dan kiri baris kedua untuk akses ke belakang yang terasa lebih lega diperbandingkan dengan teladan sebelumnya.

Hal menarik lagi dikala saya duduk di mobil ini ada dikala mengamati plafon atasnya yang memiliki illumination lamp dengan 16 pilihan warna, memang teladan sebelumnya juga sudah memiliki hal tersebut, tapi tidak bisa berganti warna seperti teladan dikala ini. Fitur tambahan Toyota Alphard, di komponen plafon mobil ini kita juga menerima pembersih udara Nano-e di komponen sebelah kiri. Cukup unik mengingat lazimnya Toyota memakai Plasmacluster diperbandingkan dengan Nano-e. Tetapi ada satu hal yang saya tidak menyenangi di mobil ini, di plafon mobil ini kita akan menemukan sebuah roof monitor 10 inchi yang memiliki desain sedikit murahan seperti produk after market, apalagi dikala kita menyalakan lampu bawaan monitor tersebut yang berwarna kuning rasanya betul-betul merusak tatanan kemewahan mobil ini yang sudah dibekali dengan lampu full LED di komponen interior.

Walaupun begitu, saya betul-betul menyenangi dengan fitur wireless charging yang diberi mobil ini dan terletak di belakang konsol tengah, sehingga betul-betul gampang dijangkau oleh penumpang baris kedua. Untuk anda yang memiliki ponsel teladan kekinian, tentunya fitur ini betul-betul berguna karena kita tidak perlu membawa kabel charging lagi untuk mengecas ponsel kita. Untuk varian Excecutive Lounge yang dibanderol dengan harga lebih mahal 50% dari Toyota Alphard jenis G dan Vellfire, kita menerima bangku yang lebih lebar, lebih besar dan tentu saja lebih nyaman. Duduk ini dilengkapi dengan pemijat, pengatur temperatur dan hampir seluruh pembatasan elektrik ada di sebelah kanan hand rest.

Uniknya lagi, kita juga akan menerima sebuah meja kecil yang bisa dihadirkan dan dihilangkan melewati fixed arm rest mobil ini, meja kecil ini betul-betul menolong untuk anda yang bersuka cita makan di dalam Toyota Alphard atau membaca buku. Tidak cuma itu, kita juga menerima roof monitor dengan Blue Ray Player dan mengerjakan screen mirroring dari ponsel anda melewati aplikasi Miracast. Kita juga menerima system audio 17 speaker dari JBL di varian Executive Lounge ini.

Satu-satunya kelemahan dari bangku tengah Toyota Alphard 3.5 Q ini menurut kami ada pada akses ke bangku baris belakang yang cukup susah, karena bangku yang lebih lebar, bisa dikatakan mustahil untuk masuk ke baris ketiga melewati aisle, sehingga kita perlu melipat bangku tengah maju ke depan untuk menerima akses yang manusiawi ke bangku baris belakang, sayangnya untuk mengerjakan hal tersebut diperlukan daya karena bangkunya betul-betul berat dan reclining elektriknya betul-betul lambat sehingga memerlukan waktu yang cukup lama.

Sekarang mari kita duduk di bangku depan, seperti halnya teladan Toyota Alphard sebelumnya, desain dashboard mobil ini betul-betul mewah, khususnya di komponen center cluster, kami menemukan lompatan desain yang jauh lebih baik diperbandingkan dengan teladan sebelumnya. Tombol-tombol di mobil ini tertata tapi dan modern, head unit juga kian baik, mutu pelaksanaan superior, bahan material juga betul-betul baik, dan kami betul-betul menyenangi dashboard baru yang memiliki aksen kulit dan jahitan. Di varian tertinggi 3.5 Q, kita juga menerima penghangat bangku, penghangat setir, rem tangan elektrik dan speedometer dengan instrument panel yang lebih lengkap.

Tetapi ada yang lucu dari segi perlengkapan, karena untuk jenis G dan Vellfire, Toyota memberikan All Round View Monitor untuk memudahkan parkir, tapi varian tertinggi ialah 3.5 anda tidak akan menerima hal tersebut. Hakekatnya masih banyak yang bisa kita eksplorasi dari interior Toyota Alphard terbaru, tapi mengingat ini ialah mobil mewah yang betul-betul kaya fitur, mungkin akan betul-betul panjang dan tidak habis-habis sekiranya kita bahas lebih lanjut.

No comments:

Post a Comment

Kredit Kendaraan Bermotor

Perkembangan dunia perbankan di Indonesia terbilang cukup cepat, hal ini ditandai dengan banyaknya jumlah bank dan jangkauan bank yang k...